10 Kuliner Khas Kuningan Jawa Barat

Yuk Cicipi Lezatnya 6 Kuliner Khas Kuningan ! Dijamin Bikin Ngiler !



Kuningan merupakan salah satu kabupaten di Jawa Barat. Walaupun lokasinya tidak terlalu jauh dari Cirebon, namun berbeda dengan Cirebon yang hawanya panas, Kuningan memiliki hawa yang sejuk. Hawa sejuk Kuningan inilah yang membuat Kuningan sangat potensial untuk menjadi destinasi liburan. Bukan hanya sekedar berwisata sembari menikmati hawa yang sejuk, Kuningan pun memiliki berbagai kuliner lezat yang harus Anda cicipi! Klikers, berikut 12 kuliner khas Kuningan rekomendasi dari kami:

1. Hucap



Hucap adalah singkatan dari tahu kecap. Hucap merupakan kuliner khas Kuningan yang penyajiannya mirip dengan ketoprak atau kupat tahu. Bahan-bahan yang digunakan dalam seporsi hucap antara lain adalah tahu goreng, bumbu kecap, kuah kacang, dan kupat. Hucap yang dinikmati dengan bumbu kacang kental ini memiliki citarasa yang lebih manis dibandingkan kupat tahu karena menggunakan kecap.


2. Nasi kasreng

Bagi masyarakat Kuningan khususnya yang berada di daerah Luragung, nasi kasreng merupakan salah satu hidangan favorit yang murah meriah. Nasi kasreng ini merupakan nasi yang dibungkus seperti nasi kucing dan disantap dengan aneka lauk-pauk. Lauk pauknya antara lain adalah: goreng ikan paray, pepes ikan paray, sambal, lalapan toge, gorengan, rebon, dan lainnya. Nasi kasreng dapat Anda temui di warung-warung di wilayah Kecamatan Luragung.

3. Sop buntut bakar

Sop buntut bakar adalah salah satu kuliner khas Kuningan yang dijamin bakal bikin Klikers ketagihan. Buntut sapi yang telah diolesi mentega dipanggang hingga kecoklatan. Buntut bakar ini lalu disajian dengan kuah kaldu yang gurih. Sangat lezat untuk disantap saat masih hangat. Anda dapat menikmati sop buntut bakar ini di Saung Lesehan Kuningan, Jalan Raya Kuningan – Cirebon, Desa Manis Kidul, Kecamatan Jalaksana.

4. Ketempling

Ketempling adalah camilan khas Kuningan sejenig gemblong yang terbuat dari bahan dasar singkong. Ketempling ini memiliki bentuk bulat kembung dan kosong di bagian tengahnya. Rasanya yang gurih dan teksturnya yang renyah menjadikan ketempling sebagai teman yang pas untuk menyantap bakso, mie, ataupun soto.

5. Tahu Lamping /Tahu Kopeci

Tahu lamping (atau dikenal juga sebagai tahu kopeci) adalah tahu asli Kuningan. Kuliner khas Kuningan yang satu ini konon lebih lezat daripada tahu sumedang. Tahu lamping ini memiliki bagian dalam yang padat dan halus. Rasanya gurih. Adapun pemberian nama ‘lamping’ ini merujuk pada lokasi awal pembuatan tahu lamping/tahu kopeci, yaitu di lamping (pinggir) Gunung Ciremai.

6. Kwecang

Boleh dibilang kwecang ini adalah bakcang versi Kuningan. Kwecang yang bentuknya mirip bakcang ini terbuat dari beras ketan yang dipadatkan, dicampur dengan air apu, lalu dibungkus dengan daun bambu sehingga aromanya khas. Kwecang ini sangat nikmat untuk disantap bersama ketempling, gemblong, dan keripik khas Kuningan lainnya.


7. Papais

Papais bahan dasarnya beras ketan. Untuk penyajiannya tersedia dalam beragam varian rasa dengan sentuhan gula aren, kacang hijau, kelapa, dan masih banyak lagi. Papais yang berisi enten kacang hijau biasanya berbentuk kerucut atau disebut pula papais monyong. Di pusat oleh-oleh khas Kuningan, seperti di Toko Teh Diah jalan Bojong nomor 81 Cilimus Kuningan, Papais bisa Anda dapatkan dengan mudah dan harganya pun ekonomis.

8. Kopi Luwak Linggarjati

Anda para pecinta kopi agaknya wajib menambah koleksi kopi Anda di rumah. Saat perjalanan mudik sempatkan mampir ke toko oleh-oleh Teh Diah untuk membeli kopi luwak Linggarjati. Biji kopinya telah dimakan luwak dimana satwa khas ini dilestarikan di sekitaran Gunung Ceramai Linggarjati. Proses pembuatannya alami dan aroma yang dikeluarkannya pun khas dan nikmat saat di seduh.

9. Opak Bakar


Mau makan cemilan sehat bebas minyak goreng? Boleh nih coba opak bakar Kuningan. Opak ini dibuat dari bahan dasar beras ketan dan kelapa yang diproses dengan cara dipanggang. Renyah sekali saat digigit sebab opak ini di iris kecil dan tipis, cocok sebagai cemilan sehat Anda.
 
Ada satu desa produsen opak di Kuningan. Desa tersebut bernama Mandirancan yang aktif memproduksi opak untuk didistribusikan ke pusat oleh-oleh khas Kuningan. Cemilan ini bisa Anda jadikan teman ngopi di pagi hari.
 
Anda bisa bertandang ke desa Mandirancan jika ingin mendapatkan cemilan ini dengan harga lebih terjangkau, atau Anda bisa kunjungi toko oleh-oleh Teh Diah yang tersohor di Kuningan. Opak bakar dijual dengan beragam ukuran. Ukuran yang terkecil mulai dari 30 cm x 10 cm yang bisa didapatkan dengan harga sekitaran 20ribu saja.


10. Keripik Gemblong

Proses pengolahan singkong salah satunya dijadikan kripik. Di kota ini, salah satu oleh-oleh khas Kuningan yang wajib Anda coba adalah kripik Gemblong. Beda dengan kripik pada umumnya. Kripik Gemblong begitu unik karena adanya oncom di bagian tengahnya yang memberikan cita rasa lain pada cemilan ini.
 
Warnanya kekuningan, cocok dijadikan cemilan dengan ukuran dan harga yang bervariasi. Dapatkan keripik Gemblong yang bisa Anda beli per kilo gram di pusat oleh-oleh Kuningan seperti di toko Jelita Jalan Dewi Sartika nomor 29 Kuningan atau di toko kue kering.


Oleh-oleh khas Kuningan diatas akan sangat ditunggu oleh sanak kerabat di rumah saat Anda mudik lebaran seperti sekarang.



SKY

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

No comments:

Post a Comment